Apa itu asuransi, Asuransi Adalah

 ASURANSI adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi.


Jika dilihat dari situs OJK. Asuransi Adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan Asuransi (sebagai penanggung) dan masyarakat (sebagai pemegang polis). 

Menurut KUHD pasal 246 disebutkan bahwa "asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu".


Pengertian asuransi yang lain adalah merupakan suatu pelimpahan risiko dari pihak pertama kepada pihak lain. Dalam pelimpahan dikuasai oleh aturan-aturan hukum dan berlakunya prinsip-prinsip serta ajaran yang secara universal yang dianut oleh pihak pertama maupun pihak lain.


Dari segi ekonomi, asuransi berarti suatu pengumpulan dana yang dapat dipakai untuk menutup atau memberi ganti rugi kepada orang yang mengalami kerugian

Asuransi bukanlah kata ataupun Hal yang asing lagi bagi banyak orang, namun meskipun begitu, di Indonesia masih banyak orang yang belum ataupun tidak memiliki asuransi. 

Hal ini bisa dilihat dari tingkatan penetrasi kepemilikan asuransi di Indonesia, dilihat dari data ojk penetrasi asuransi di Indonesia tahun 2019 hanya sekitar 2,81%, dan meningkat setiap tahun nya meskipun tidak signifikansignifikan.



Kondisi ini disebabkan oleh ketidakpahaman masyarakat ketika membeli polis dan proses klaim Asuransi tersebut. Sebab lain juga dipicu dengan beragamnya jenis Asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan Asuransi. Akibatnya, banyak orang, utamanya mereka yang baru mengenal Asuransi bingung dalam memahami manfaat dari masing-masing Asuransi yang ditawarkan.


Hak dan kewajiban antara jasa layanan Asuransi dan pemegang polis sudah diatur. Di mana pemegang polis berhak mendapatkan proteksi atas penggantian kehilangan, kerusakan, hingga kematian dari penyedia jasa layanan Asuransi. Namun, hak akan diperoleh ketika pemegang polis melakukan kewajiban pembayaran premi kepada pihak perusahaan Asuransi.

Pada dasarnya, Asuransi menawarkan manfaat yang baik dalam meminimalisasi risiko akan ketidakpastian yang datang tanpa diduga.


Posting Komentar untuk "Apa itu asuransi, Asuransi Adalah"