Supaya anak berprilaku baik, hindari kalimat ini...

Hallo sobat aemzone, sebagai Orang tua kita pasti menginginginkan mempunyai seorang anak, apalagi mempunyai seorang anak yang memiliki kepribadian baik dan pintar, itu sangat membanggakan bagi kita sebagai orang tua.
Namun pada dasarnya semua anak itu baik, hanya saja kita harus pintar-pintar mendidiknya, bukan hanya dalam pendidikan namun sikap dan prilaku juga harus di didik sejak dini.

Taukah kamu sebagai orangtua.  bahwa perkataan kita terhadap anak bisa berpengaruh pada prilakunya nanti.  Dan untuk mencegah hal yang tidak di inginkan Mari kita pelajari kalimat yang membuat anak kita berprilaku baik dan sopan.


Hindari kalimat kalimat seperti ini kepada sikecil ya...

1. "awas nanti kucingnya gigit" atau "kalau kamu nakal, ibu/ayah akan tinggalin kamu"

Banyak orang tua yang sering melarang anaknya untuk melakukan sesuatu hal dengan cara menakut nakuti atau mengancam,  namun ini jelas salah. Ini akan membuat anak atau sikecil trauma. Jangan salahkan si kecil jika nanti dia menjadi penakut.
Sebaiknya jika melarang gunakan cara lain seperti menjelaskan kenapa hal itu tidak boleh dilakukan.

2. "Dulu kakak mu bisa begini kenapa kamu gak bisa"
Jangan membandingkan anak

Jangan pernah membandingkan anak,  membandingkan anak hanya akan membuatnya merasa tidak percaya diri, membuatnya bingung dan sakit hati.
Tidak sedikit anak yang membenci orang tuanya karena hal ini.
jadi jangan salahkan anak kelak jika dia kurang percaya diri dan membenci orang tuanya karena di banding-bandingkan.
Entah di bandingkan dengan saudara,  sepupu atau teman nya. Tetap jangan lakukan itu. Karena setiap anak punya kepribadian, kekurangan dan kelebihan masing-masing.

3. "kamu nakal" "kamu bodoh"
Hentikan kalimat negatif sejenis itu.


Hentikan mengatai atau memberi label anak dengan kata negatif seperti nakal,  bodoh, jelek dan lainnya. Memberinya label seperti ini cepat atau lambat akan membuat anak menjadi seperti yang di katakan. Karena anak akan menyerap apa yang sering ia dengar. Selain itu ada pepatah mengatakan "setiap perkataan adalah doa.."
Jadi jangan sebut "kamu bodoh" kepada anak, alangkah lebih baik gunakan kata yang memotivasinya "kamu akan bisa seperti ini, jika kamu rajin belajar".

4. "bukan begitu caranya,  sini biar ibu/ayah saja yang melakukannya"

Terkadang kamu sebagai orangtua tidak bisa sabar untuk melihat sistem kerja anak.  Sehingga kamu ingin menyuruhnya cepat untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu,  atau malah kamu yang jadi mengerjakannya.
Hentikan hal itu jika ingin anak kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan benar dan bisa berkembang dengan baik.
Alangkah baiknya ajak si kecil untuk mengerjakan bersama.

5. "kamu selalu membuat mainan mu berantakan" atau " kamu tidak pernah mau mandi"


Terkadang Kata-kata itu terucap reflek.  Jangan sering ucapkan itu.  Karena bisa jadi anak kamu malah akan menuruti hal itu.
Jika anak mu selalu membuat berantakan mainannya.  Alangkah baik nya kamu mengajak nya untuk main dan membereskan mainannya bersama sikecil.  Jadikan itu kebiasaan sikecil.  Seiring berjalannya waktu pasti dia akan terbiasa membereskan mainannya.

6. "jangan ganggu ibu/ayah, ibu/ayah lagi sibuk"

Mungkin ketika kita sibuk dan anak menghampiri kita untuk mengajak bermain, bertanya atau meminta tolong sesuatu. kata itu seperti wajar kita ucapkan.  Namun hal itu salah, jika kamu sebagai orang tua sedang sibuk lalu melakukan hal itu terus menerus.  Anak atau sikecil akan merasa keberadaannya tidak dianggap dan akan merasa sedih.
Alangkah lebih baiknya kamu alihkan perhatiannya kepada kegiatan lain atau sesuatu.  Setelah kesibukan kamu beres atau senggang.  Bisa kamu tanyakan apa yamg membuatnya merasa menghampiri kamu.

Memang merawat dan mendidik anak tidaklah mudah, namun percayalah akan menyenangkan bila dilakukan dengan ikhlas dan penuh kasih sayang.
Jadilah orang tua yang baik da bertanggung jawab.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Supaya anak berprilaku baik, hindari kalimat ini... "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Sponsor

Iklan Bawah Artikel